POLRESTA BANDA ACEH SOSIALISASI APLIKASI E-SIAP

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Berbagai aplikasi di era milineal dan digital saat ini masyarakat luas dapat menggunakan aplikasi di berbagai macam jenis merk android, Polresta Banda Aceh bekerjasama dengan PT. Telkomsel Indonesia, Tbk Wilayah Aceh telah mengeluarkan sebuah aplikasi yang berguna untuk percepatan dalam informasi, baik menyampaikan informasi internal (Personil Polresta Banda Aceh) maupun eksternal (bagi masyarakat) memberikan bentuk pelayanan informasi dan applikasi layanan publik untuk membantu masyarakat dalam membuat laporan kejadian,baik pelanggaran dan Tindak Pidana Umum dan lainnya.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH dalam waktu dekat ini akan melaunching sebuah aplikasi yang diberi nama E-SIAP.

E-SIAP internal itu saat ini juga telah dipergunakan oleh personel Polresta Banda Aceh sebagai aplikasi berbasis IT berupa absensi kehadiran disaat akan melaksanakan kedinasan setiap paginya dan selesai pelaksanaan dinas.

Kapolresta Banda Aceh diwakili Kepala Bagian Perencanaan Polresta Banda Aceh, Kompol Muhayat Effendie, SH.,M.M.,M.H Rabu (21/8/2019) membuka kegiatan Pelatihan Operator Sistem Informasi Layanan dan Pengaduan (E-SIAP) di Aula Machdum Sakti Polresta Banda Aceh yang diikuti oleh para KA.SPKT Polsek jajaran, operator SPKT Polresta Banda Aceh dan personel urmintu Bagian dan Satuan serta Seksi yang ada di Polresta Banda Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai hari Rabu sampai dengan hari Jumat.

Kabag Ren, Kompol Muhayat Effendie, S.H .,M.M., MH dalam sambutannya mengatakan bahwa di dalam aplikasi ini sendiri, telah disiapkan berbagai fitur diantaranya Respon, Absensi, Live Tracking, Approval, Informasi Eksternal, Informasi Internal dan CCTV di berbagai titik di kota Banda Aceh.

“Aplikasi E-SIAP merupakan sebuah Sistem Informasi Layanan dan Pengaduan yang akan memudahkan masyarakat untuk membuat pengaduan/Kejadian kepada Polresta Banda Aceh dan menerima himbauan langsung dari Polresta serta dapat memantau CCTV lalu lintas di beberapa titik persimpangan di Banda Aceh”, tambah Kabag Ren.

Untuk melihat situasi lalu- lintas cukup mengklik fitur CCTV pada aplikasi E SIAP, lanjut Kabag Ren, untuk memudahkan pengoperasian para pengguna cukup dengan melakukan download applikasi di Google Play ketik bit.ly/siap_aceh pada applikasi e-SIAP diregistrasi dan login kemudian pengguna dapat melihat langsung CCTV lalu lintas di Banda Aceh secara live.

Bagi masyarakat atau siapa saja yang telah mengunduh aplikasi E-SIAP, pengaduan masyarakat juga dapat dilakukan secara online langsung dari aplikasi E-SIAP ini dengan cara mengisi alamat tempat kejadian perkara,deskripsi atau kronologis singkat kejadian yg ditemukan,poto kejadian dan lokasi dan ikuti petunjuk di applikasi dimaksud.

Setelah memberikan arahan kepada peserta pelatihan, para peserta pelatihan diberikan waktu tanya jawab tentang tata cara penggunaan aplikasi E-SIAP, selanjutnya melakukan demontrasi tata cara penggunaan aplikasi E-SIAP, serta pelatihan singkat menjadi operator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *