INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Bhabinkamtibmas Jajaran Polresta Banda Aceh, Gencarkan Sosialisasi Karhutla dan Saber Pungli

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Bhabinkamtibmas Jajaran Polresta Banda Aceh, Gencarkan Sosialisasi Karhutla dan Saber Pungli.

Peralihan musim penghujan ke musim kemarau mulai terasa. Itu menyusul kurangnya intensitas hujan dalam beberapa pekan ini. Tidak terkecuali disebagian besar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Saat musim kemarau, rentan terjadi bencana kebakaran. Terlebih kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang saat ini menjadi isu nasional.

Langkah antisipasi terjadinya karhutla, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, S.H menunjuk seluruh Bhabinkamtibmas Polsek jajaran untuk menghimbau seluruh masyarakat di wilayahnya masing- masing agar tidak membakar sampah sembarangan. Lalu membakar lahan dan hutan yang berpotensi bisa menyebabkan dampak kebakaran yang lebih luas, seperti yang terjadi saat ini di sejumlah wilayah di Indonesia.

Imbauan tersebut tiap hari dilakukan para personel Bhabinkamtibmas di setiap desa binaannya. Kepada tribratanewsrestabandaaceh.com Kapolresta Banda Aceh mengatakan kepada seluruh lapisan masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar, khususnya yang berada di bawah hukum Polresta Banda Aceh agar bersama – sama menjaga kelestarian hutan, salah satunya tidak membakar lahan dan hutan.

“Mari kita jaga lingkungan sekitar tempat tinggal kita, agar tidak membakar lahan dan hutan yang salah satu dampaknya bisa menyebakan inpeksi saluran pernafasan akut (ISPA) bagi kita dan anak-anak kita,” imbau Kapolresta.

Kombes Pol Trisno Riyanto, S.H juga sangat mengapresiasikan kinerja para Bhabinkamtibmas Polsek jajaran dalam memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada warga desa binaannya tentang karhutla.

“Mengedukasi dan mengharapkan kepada masyarakat akan sadar bahwa dalam melakukan pembakaran hutan dan lahan ada hukum dan sanksi pidananya, hal tersebut dapat diancam hukuman penjara, maka jangan melakukan hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain” harapan Trisno Riyanto.

Jika kedapatan membakar lahan, lanjut Trisno, sesuai dengan Undang – undang Republik Indonesia tahun 2014 pasal 48 ayat 1 setiap orang dengan sengaja membuka atau mengelola lahan dengan cara pembakaran yang mengakibatkan terjadinya pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan hidup diancam hukuman penjara 10 tahun dan denda 10 miliar.

#Selain Sosialisasi Karhutla, Bhabinkamtibmas juga lakukan Sosialisasi Saber Pungli.

Sosialisasi saber pungli hampir setiap saat dilakukan oleh personel Bhabinkamtibmas dari 18 Polsek jajaran dan satu Polsek Subsektor di wilayah hukum Polresta Banda Aceh.

Sambang dan sosialisasi ke setiap desa binaan dan instansi yang ada diwilayah masing – masing terus di gencarkan, hal tersebut merupakan salah satu bentuk pencegahan, pemberantasan pungutan liar (pungli) yang diatur dalam perpres no 87 tahun 2016 dan memberikan himbauan tentang pelayanan publik dalam undang – undang no 25 tahun 2009.

Kegiatan tersebut agar terwujudnya pelayanan publik pada kementrian/lembaga dan pemerintahan daerah yang terbebas dari pungutan liar, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui transparansi serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan terbebas dari pungli.

“Masyarakat akan merasa nyaman dengan tidak adanya pungutan liar serta agar masyarakat awam lebih mengerti apa itu pungli sehingga tercapai tujuan yang di harapkan pimpinan” ujar Kapolresta.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengingatkan semua personel Bhabinkamtibmas agar tugas-tugas yang memang jadi atensi pimpinan semuanya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Share.

Leave A Reply