POLRESTA BANDA ACEH LAUNCHING APLIKASI E SIAP YANG BERBASIS TEHNOLOGI INFORMASI

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Polresta Banda Aceh bekerjasama dengan PT. Telkomsel,Tbk telah meluncurkan aplikasi E-SIAP di Aula Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Rabu (25/9/2019). Aplikasi E SIAP merupakan sebuah aplikasi berbasis IT untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan keluhan kepada Kepolisian Resort Kota Banda Aceh yang dapat di download melalui Goegle Playstore di smartphone, dan aplikasi ini juga untuk personel Polresta Banda Aceh dalam mengisi absensi.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH didepan para tamu undangan mengatakan, semoga kota Banda Aceh menjadi kota Smart City sebagaimana tugas polri menjaga harkamtibmas dalam penegakan hukum.

“Aplikasi ini awalnya bagaiamana terealisasi guna memudah dalam mengontrol personel di lapangan dan akhirnya muncul strategi melalui promoter, yaitu melalui aplikasi E-Siap. Aplikasi ini juga bertujuan untuk melakukan absensi personel saat melaksanakan apel pagi dan sore” ujar Kapolresta.

Dengan aplikasi ini harapan saya personel dapat disiplin menjalani kinerja lebih semangat lagi dalam melayani masyarakat. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan apa saja keluhan masyarakat dan saya mengucapkan terima kasih kepada Walikota Banda Aceh dan mudah – mudahan aplikasi ini dapat mempermudah masyarakat Banda Aceh membantu Polri dan menjadikan kota Banda Aceh sebagai kota Smart City dan semoga dengan adanya aplikasi ini, kejahatan semakin menurun di Kota Banda Aceh, Harap Trisno Riyanto.

Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM dalam sambutan mengatakan, selamat kepada seluruh jajaran Polresta Banda Aceh atas di Launchingnya Aplikasi E-SIAP. Alhamdulillah, hari ini satu lagi inovasi dalam melayani masyarakat berhasil diterapkan oleh Polresta Banda Aceh. Inovasi ini menjadi bukti kegigihan dan komitmen dari jajaran Polresta Banda Aceh dalam melayani masyarakat, dimana aplikasi E-SIAP berbasis teknologi Android yang dapat di akses melalui Playstore, sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat melaporkan segala hal tentang pelayanan Kepolisian melalui smartphone dan juga masyarakat dapat memantau CCTV di jalan raya yang ada di seputaran Kota Banda Aceh.

Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjut Aminullah, sebagai ibu kota dari Provinsi Aceh, Banda Aceh dapat dikatakan sebagai magnet yang menarik banyak orang untuk menetap dan berusaha di daerah ini dan peluncuran Aplikasi E-SIAP nini merupakan salah satu upaya dari jajaran Polresta Banda Aceh dalam menciptakan suasana yang nyaman kepada warga kota.

“Inilah salah satu dampak positif dari perkembangan kemajuan Teknologi Informasi, yaitu dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat. Dan sejalan dengan hal tersebut, perlu kami informasikan juga bahwa, Pemerintah Kota juga telah memiliki aplikasi SUWARGA (Suara Warga) untuk menampung laporan dan aspirasi warga, yang saat ini telah dikembangkan versi mobile (android) dan dapat diunduh di Playstore, ujar Walikota.

Dengan Aplikasi Suwarga tersebut, masyarakat tidak perlu harus datang ke ‘instansi terkait untuk melaporkan haI-hal yang dianggap mengganggu kenyamanan warga kota, misalnya terkait dengan masalah persampahan, Jalan rusak, ternak yang berkeliaran dan lain-lain. Selain Aplikasi berbasis Web dan juga Mobile, Pemerintah Kota juga membuka Layanan Pengaduan Call Centre Air Bersih, Pelanggaran Syariat Islam, Damkar dan lain-lain, imbuh Aminullah.

Alhamdulillah, Pemerintah Kota Banda Aceh bersama dengan Stakeholder selama ini telah menyusun Master Plan Smart City, dengan Konsep Kota Cerdas yang berbasis Islami. Ini dapat kita buktikan dengan beberapa prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dari 23 kabupaten/ kota se Aceh, Kota Banda Aceh menjadi satu-satunya dan yang pertama di Provinsi Aceh yang terpilih untuk mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City. Dengan pengimplementasian Teknologi Informasi dan Smart City diharapkan pelayanan kepada masyarakat dan publik akan semakin simple serta mudah dan memangkas rantai birokrasi sebagaimana diamanahkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada berbagai kesempatan, ungkap Walikota Banda Aceh.

Selain itu, kegiatan Launching Aplikasi SIAP ditandai dengan penekanan tombol oleh Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM, Wakil Ketua DPRK Sementara, Usman, SH, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Ryanto, SH, Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Hasandi Lubis SIP, Kasubsi pidana khusus Kejari Banda Aceh, Maulijar, SH,MH dan General Manager Telkomsel Customer Sales Regional Sumbagut, Ricky ericson Pabean.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM, Wakil Ketua DPRK Sementara, Usman, SH, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Ryanto, SH, Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Hasandi Lubis SIP, Kasubsi pidana khusus kejari Banda Aceh, Maulijar, SH,MH, General Manager Telkomsel customer sales regional Sumbagut, Ricky Ericson Pabean, Para Kasat dan Kabag Polresta Banda Aceh, Para Kapolsek Jajaran Polresta Banda Aceh dan Danramil jajaran Kodim 0101/BS, Para Bhabinkamtibmas Polresata Banda Aceh dan Babinsa Kodim 0101/BS, Para Camat dan Keuchik se-kota Banda Aceh dan warga masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *