INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Pelaku penggelapan di ciduk personel Polsek Kuta Alam.

0

Tribratanewsrestabamdaaceh.com – RA (21) warga Blang Mancung, Aceh Timur melakukan tindak pidana penipuan yang menimpa Erwin Agus warga Meunasah Baet, Aceh Besar diamankan oleh Personel Reskrim Polsek Kuta Alam Polresta Banda Aceh di Langsa. Kejadian ini atas tindak pidana penggelapan satu unit mobil mobil merk Honda type Brio Satya tahun 2016 warna putih dengan nomor polisi BK 1978 VV.

Personel Polsek Kuta Alam bekerjasama dengan Sat Reskrim Polres Langsa berhasil menangkap pelaku RA, Rabu (9/10/2019).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Kuta Alam Iptu Miftahuda Dizha Fezuono, SIK, kepada tribratanewsrestabandaaceh.com mengatakan pelaku melakukan kejahatan ini diwilayah hukum Polsek Kuta Alam beberapa hari yang lalu.

“Kami melakukan penangkapan ini atas dasar laporan dari Korban Erwin Agus laporan polisi : LP.B / 151 / X / YAN.2.5 / SPKT tanggal 09 Oktober 2019 tentang dugaan tindak pidana penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 372 KUHPidana” ujar Dhiza.

Dari kerangan pelaku, lanjut Dhiza, ianya berencana membawa mobil tersebut kejakarta untuk dijual, namun karena kita terus mengejar, dan pelaku berhasil di tangkap di Langsa dengan bantuan Sat Reskrim Polres Langsa.

Dhiza menceritakan kronologis kejadian kepada tribratanewsrestabandaaceh.com bahwa pelaku pada hari Senin, (30/9/2019) menjumpai korban di warung mayor kupi, kemudian melakukan penyewaan mobil milik korban dua sampai empat hari dan akan membayar uang sewa mobil tersebut dengan cara transfer melalui rekening bank.

Dua hari kemudian, tambah Dhiza, pelaku tidak mengirim uang sewa mobil kepada korban, selanjutnya korban menelepon pelaku menanyakan perihal uang sewa serta mobil, namun pelaku RA menjawab ‘ini lagi membawa komandan’.

Korban terus berusaha untuk menghubungi RA, namun Handphone milik RA tidak aktif lagi, hal ini membuat curiga korban dan melaporkan kepada kami, ucap Dhiza.

Setelah menerima laporan bahwa telah terjadi tindak pidana penggelapan tersebut, selanjutnya dilakukan Lidik oleh unit Reskrim dan didapatkan informasi bahwa pelaku membawa mobil tersebut ke arah Timur provinsi Aceh.

“Unit Reskrim melakukan koordinasi dengan anggota Sat Reskrim jajaran jalur timur dan sekitar jam 10.00 WIB, anggota unit Reskrim mendapatkan informasi bahwa pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polres Langsa”, pungkas Dhiza lagi.

Saat ini pelaku RA dan barang bukti telah diamankan di Polsek Kuta Alam Banda Aceh guna pengusutan lebih lanjut dan pelaku RA dikenakan pasal 372 KUHPidana dengan ancaman kurungan empat tahun penjara.

Share.

Leave A Reply