Sebanyak 400 personel Polresta ikuti Ujian Psikologi Pinjam Pakai Senjata Api.

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – 400 Personel polisi di jajaran Kepolisian Resor Kota Banda Aceh, Rabu (16/10/2019), mengikuti ujian psikotes di Ruang Indor Polresta Banda Aceh.  Ujian psikotes ini merupakan salah satu persyaratan pinjam pakai senjata api yang akan digunakan dalam bertugas oleh personel, dengan menghadirkan penguji dari team psikologi Polda Aceh yang dipimpin Paur Subbag Psipol Bag Psi Ro SDM Polda Aceh Ipda Rico Riskiawan, S.Psi.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kabag Sumda Kompol Asa Putra A selaku ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan, bahwa Pelaksanaan Ujian Psikologi bagi calon pemegang senjata api, Khusus bagi para perwira, selain test untuk mendapatkan surat izin pinjam pakai senjata api, juga ada tes “mapping” atau pemetaan dan bagi Bintara melakukan test ujian psikologi.

Kompol Asa Putra A, saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa test psikologi ini untuk mengukur perilaku serta mental Personil Polri khususnya yang memegang senjata Api dinas.

“Syarat pertama pemegang senpi, harus lulus psikotes baik itu Perwira maupun Bintara. Pegang senpi ini tidak main-main. Anggota yang memegang senpi tersebut harus sehat secara jasmani maupun rohani dan tidak dalam keadaan depresi, tata cara pengisian lembaran ujian melalui system elektronik melalui apliaksi yang telah disediakan di android”, terang Kabag Sumda Kompol Asa Putra A.

Lanjut Kabag Sumda, meskipun hasil tes psikologi secara tertulis baik dan dinyatakan lulus, namun jika emosi tinggi maka juga tidak direkomendasikan untuk memegang senpi.

 

Share.

Leave A Reply