Polresta Banda Aceh Fasilitasi Kenderaan Untuk Mahasiswa Unmuha Banda Aceh

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Polresta Banda Aceh menyiapkan Lima unit reo untuk mengangkut mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Banda Aceh melaksanakan kegiatan di dua lokasi diluar Kota Banda Aceh, Jumat (25/10/2019).

Para mahasiswa Unmuha melaksanakan kegiatan kampus di dua lokasi berbeda, yaitu Bakti Sosial yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik di Desa Lam Durian, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Sementara itu, Fakultas Hukum Unmuha melaksanakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) di Desa Jantho Makmur, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH kepada tribratanewsrestabandaaceh.com mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa harus kita dukung.

“Kami sangat mengapresiasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa, apalagi kegiatan bakti sosial dikawasan desa terpencil di luar wilayah hukum Polresta Banda Aceh” ujar Kapolresta.

Sementara itu, Subhan Murdillah salah seorang panitia mengatakan, kami sangat berterima kasih kepada Kapolresta Banda Aceh yang telah membantu menyediakan armada sebagai sarana kami ke lokasi tujuan.

“Kegiatan baksos ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan harapan kami kedepan, setiap tahunnya untuk membantu para mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini” ujar Subhan.

Sementara itu, para mahasiswa yang melaksanakan latihan kepemimpinan dasar dengan tujuan membentuk calon pemimpin masa depan.

Konsep pendidikan pada dasarnya mengembangkan manusia yang berintelektual, serta memiliki jiwa sosial kemasyarakatan. Semuanya bertujuan agar dapat tercipta generasi muda yang bisa menjadi penerus cita-cita dan pembangunan di negeri ini. Salah satu bekal untuk mencapai tujuan tersebut adalah karakter individu yang baik termasuk memiliki jiwa kepemimpinan.

Sarana untuk memberikan pengetahuan serta pendidikan dalam pembentukan karakter tersebut adalah melalui organisasi sekolah yang dimulai pada jenjang pendidikan tingkat menengah. Organisasi tersebut memiliki banyak kegiatan diantaranya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Sementara pada jenjang perguruan tinggi, LDK yang dikenal dengan nama LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) bisa menjadi ajang orientasi mahasiswa baru, atau ketika mahasiswa akan masuk dalam organisasi kemahasiswaan.

Selama menjalani masa perkuliahannya, mahasiswa memperoleh pembinaan intelektual, mental dan spiritual. LDKM sebagai sarana yang efektif membentuk mahasiswa berkarakter, memiliki peran untuk melakukan pembinaan mental dan spiritual mahasiswa. Dengan mengikuti LDKM, diharapkan kredibilitas dan eksistensi mahasiswa akan selalu bermanfaat bagi lingkungannya. Setelah kegiatan LDKM , idealnya dilakukan evaluasi agar penyelenggaraan LDKM di tahun berikutnya selaras dengan perkembangan di lingkungan kampus serta dunia kemahasiswaan pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *