INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Kekerasan Seksual Terhadap Anak Kerap Terjadi, PPA Sat Reksrim Polresta Lakukan Penyuluhan di Sekolah

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (Unit PPA) di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sesuai dengan Pasal 3 , maka Unit PPA bertugas memberikan pelayanan, dalam bentuk perlindungan terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban kejahatan dan penegakan hukum terhadap pelakunya.

Kanit PPA Sat Reskrim Polresta Banda Aceh Ipda Puti Rahmadiani, S.Trk bersama personel Unit Pelayanan Perempuan dan Anak melakukan sosialisasi atau penyuluhan hukum tentang kekerasan seksual terhadap anak di SMP Negeri 2 Banda Aceh, Jumat (1/11/2019).

Kanit PPA Sat Reskrim dalam penyuluhan mengangkat tema “Pencegahan Tindakan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dibawah Umur”. Hal ini dilakukan penyuluhan dalam rangka Memberikan pemahaman kepada siswa/i dan pihak guru terkait dengan kekerasan seksual dan cara memproteksi diri sejak dini.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kasat Reskrim AKP M. Taufiq, SIK kepada tribratanewsrestabandaaceh.com mengatakan banyaknya kejadian kekerasan seksual yang kerap terjadi pada anak dibawah umur, maka unit PPA Sat Reskrim melakukan penyuluhan.

“Penyuluhan ini merupakan deteksi dini bagi para anak dibawah umur serta para guru guna pencegahan awal sebelum terjadi” ucap Kasat Reskrim

Memang di Banda Aceh jarang terjadi kekerasan seksual lanjut Kasat Reskrim, namun ini merupakan sosialisasi guna mencegah lebih awal daripada terjadinya kekerasan seksual.

Ipda Puti Rahmadiani, S.Trk mengatakan, sasaran yang kami lakukan merupakan para murid sekolah, ini membuktikan bahwa hampir seluruh murid mengikuti kegiatan tersebut, dan para dewan guru juga mengikuti sosialisasi ini.

Di dalam Pasal 4, Perkap Kapolri Nomor 10 Tahun 2007 mengatakan, dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 unit PPA menyelenggarakan fungsi Penyelenggaraan Pelayanan dan Perlindungan Hukum,  Penyelenggaraan Penyelidikan dan Penyidikan Tindak Pidana dan Penyelenggaraan Kerja Sama dan Koordinasi dengan Instansi Terkait, ujar Ipda Puti.

Share.

Leave A Reply