Polresta Banda Aceh Kerahkan Personel Dalam Rangka Pengamanan Lomba Perahu Naga

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Personel Polresta Banda Aceh melakukan Pengamanan terhadap kegiatan kejuaraan Perahu Naga Se Provinsi Aceh ke I tahun 2019 yang dipusatkan di Krueng Lamnyong,  Banda Aceh, Jumat (1/11/2019).

Even kejuaraan olahraga air ini menggunakan perahu yang telah memiliki kreasi tersendiri dengan bentuk naga. Ini merupakan perlombaan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga Aceh, atas nama Pemerintah Aceh tahun 2019.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Syiah Kuala AKP Edi Saputra, SE kepada tribratanewsrestabandaaceh.com mengatakan kegiatan perahu naga ini perlu dilakukan pengamanan.

“Even yang dilakukan ini sangat menantang bagi peserta maupun penonton, karena lokasinya di perairan sehingga perlu bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini Basarnas” kata Kapolsek.

Selain pengamanan dilokasi, kata Edi Saputra, pengamanan juga dilakukan di atas jembatan lamnyong guna mengantisipasi macetnya arus lalulintas disaat perlombaan sedang berlangsung.

“Keberadaan para penonton bukan saja dilokasi acara, namun juga di atas jembatan dengan memberhentikan kenderaan, sehingga memacetkan arus lalulintas” ujar Kapolsek.

Sementara itu T. Bustamam, S.TMT, selaku Kabid, pembinanaan dan peningkatan prestasi olah raga Dispora Aceh pada pembukaan kejuaraan Perahu Naga Ke I tahun 2019 Pemerintah Aceh, dalam sambutanya mengatakan, tahun ini merupakan kegiatan yang perdana kita laksanakan Kejuaraan Perahu Naga oleh Pemerintah Aceh yang dilaksanakan pihak Dinas Pemuda dan Olah Raga Aceh tahun 2019 dengan memperebutkan Piala Bapak Gubernur Aceh dan memperebutkan hadiah total 50 juta rupiah plus Piala ” Kata T. Bustamam.

Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin untuk tahun – tahun selanjutnya sebagai bentuk dan dukungan memasyarakatkan olah raga Dayung sejagat Aceh (Perahu Naga) agar lebih berkembang dimasa akan datang, katanya lagi.

Kejuaraan perahu naga tahun ini kita kita beri Motto ” Aceh Teuga, Aceh Juara” merupakan spirite serta memberikan semangat kepada seluruh Atlit Dayung se Provinsi Aceh untuk dapat berkiprah lebih jauh, baik di tingkat daerah, Nasional bahkan Internasional, ” Ujar nya.

Selain kegiatan sudah di agendakan untuk diselenggarakan setiap tahunya, dikatakan T. Bustamam, bahwa sudah menjadi tanggung jawab Dispora Aceh melakukan pembinaan berkelanjutan setiap cabang olah raga di Aceh, hal ini dilaksanakan atas dasar Undang – Undang  Nomor 3 tahun 2006 Tentang Keolahragaan Nasional dan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pembangunan Keolahragaan Aceh, serta Program Kerja Dinas Pemuda dan Olah raga Aceh tahun 2017 – 2022.

Adapun Kabupaten / Kota yang ambil bagian di Kejuaraan perahu naga jarak 500 M putra pada lintasan yang tersedia, yakni Kota Banda Aceh, Simeulue, Kota Lhoksemawe, Aceh Utara, dan Aceh Besar.

Kemudian Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Timur, Sabang, Aceh Singkil, Aceh Selatan,  dan  Aceh Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *