INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Bhabin Kamtibmas Desa Reuloh, Sambang Korban Rumah Longsor

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Dua unit rumah milik petani yang berada di desa Reuloh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar mengalami longsor akibat kikisan air krueng (sungai) pada bagian bawah rumah,  Selasa pagi (19/11/2019) pukul 04.00 WIB. Kedua pemilik rumah dihuni oleh Zubir (50) dan Ansari (38) tahun yang merupakan petani di desa tersebut masing – masing memiliki keluarga.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Ingin Jaya, Iptu Tri Andi Dharma, S.Sos kepada tribratanewsrestabandaaceh.com mengatakan, penyebab longsor di karenakan tidak dibuatnya pondasi cakar ayam pada pinggiran rumah sehingga dengan mudah terkikis oleh aliran air dan kontruksi tidak kokoh.

“Pondasi cakar ayam memang di khusus kan pada pendirian tumah dikawasan bantaran krueng atau sungai, karena pondasi berstruktur cakar ayam untuk menompang pembangunan yang berada dikawasan tanah kurang kokoh” ujar Kapolsek.

Sementara itu, lanjut Kapolsek, kedua pemilik rumah membangun rumah tersebut tanpa bantuan dari developer, ini membuktikan kedua pemilik rumah sebelum membangun tidak melakukan koordinasi dengan pihak yang lebih memahami atau lebih mengerti.

“Kita pihak Muspika Ingin Jaya melalui Camat sudah melaporkan kejadian ini pada tingkat atas, yaitu pihak pemerintahan kabupaten Aceh Besar terkait kejadian ini, ucap Kapolsek.

Kapolsek menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membangun bangunan yang tidak sesuai struktur tempat lokasi di bantaran aliran Krueng (sungai) tersebut, mengingat situasi saat sekarang ini musim hujan guna menghindari bencana longsor, imbaunya lagi.

Menurut keterangan dari Iptu Tri Andi Dharma, pasca kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, namun korban berharap agar mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk membantu pembangunan tempat tinggalnya itu karena masing – masing rumah dihuni oleh tiga orang.

Sementara itu, Bhabin Kamtibmas desa Reuloh, Bripka Hendra S dan personel piket Bripka Burdiansyah didampingi oleh Serka Masruddin dari Koramil 18 menyambangi kediaman korban pasca kejadian longsor tersebut mengingat korban merupakan warga desa binaanya.

 

 

 

 

Share.

Leave A Reply