INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Kapolsek Ulee Kareng dan Personel Hadiri Maulid di Gampong Binaan

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Perayaan Maulid Nabi yang dalam bahasa Aceh disebut Kenduri Maulod merupakan perayaan memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW atau di Aceh disebut memperingati kelahiran Pang Ulee Alam (penghulu Alam).

Keunduri Maulod sudah menjadi tradisi  dalam masyarakata Aceh. Bahkan yang terbesar bila dibandingkan dengan tradisi-tradisi lain di Aceh.

Dalam kalender Aceh, ada tiga bulan berturut yang disebut dengan bulan  maulod, yaitu padabulan Rabiul Awal disebut Maulod Awai (Maulid Awal) yang dimulai dari tanggal 12 Rabiul Awal sampai berakhir bulan Rabiul Awal.

Sedangkan Kenduri Maulid yang dilaksanakan pada bulan Rabiul Akhir disebut Maulod Teungoh (Maulid Tengah) yang dimulai dari tanggal 1 bulan Rabiul Akhir sampai berakhirnya bulan Rabiul Akhir tersebut. Selanjutnya, Kenduri Maulid pada bulan Jumadil Awal disebut Maulod Akhee (Maulid Akhir) yang dilaksanakan sepanjang bulan Jumadil Awal.

Hari ini, Sabtu (14/12/2019) Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM didampingi oleh Kapolsek Ulee Kareng, AKP Vifa Febriana Sari, SH, SIK, MH dan Muspika Ulee Kareng menghadiri Maulid di Masjid Al Ikhlas Gampong Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh.

 

Share.

Leave A Reply