INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Polresta Banda Aceh dan Polsek Jajaran Nobar Film Surga Kecil di Bondowoso

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Nonton Bareng (Nobar) Film Surga Kecil di Bondowoso yang dilaksanakan oleh keluarga besar Polresta Banda Aceh dan Polsek Jajaran, Selasa malam (17/12/2019).

Pelaksanaan nonton bareng ini dilakukan dengan tempat yang berbeda, Polresta Banda Aceh melaksanakan kegiatan nobar ini di Indoor Polresta Banda Aceh, sementara itu, Polsek jajaran melaksanakan di Polsek masing – masing bersama masyarakat.

Film pendek dokumenter ini yang disutradarai oleh Nia dengan durasi 15 menit sebagai kampanye global MenCare dengan tema keseteraan gender, tersirat makna yang dapat dipetik sebagai makhluk sosial.

Film ini ditayangkan dalam rangka memperingati hari Ibu ke – 91 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2019 mendatang dengan menceritakan tentang seorang Ustad asal madura yang bermukim di Bondowoso dan ianya mengabdi sebagai guru agama.

Sosok ustad muda Mohammad Nur Salim ini yang tampak sangat sederhana dalam penampilannya dilingkungannya yang juga sederhana namun menganut nilai nilai progresif. Khusunya kesetaraan perempuan dalam perannya dilingkungan sosial dan keluarganya.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengatakan kita harus dapat memetik inti sari dari film pendek ini.

“Mari sama sama kita melaksanakan kewajiban kita untuk menonton film yang berdurasi 15 menit ini, dan ini penting bagi kita sebagai anggota Polri untuk mengambil hikmah dari film ini”, ucap Trisno Riyanto.

Diakhir kegiatan, Kapolresta Banda Aceh menanyakan makna yang dapat tersirat kepada para Personel yang telah menonton, dan masing -masing personel sudah mengerti dalam memaknai hasil tontonannya diantaranya, pekerjaan perempuan dapat dilakukan oleh kaum laki – laki, kemudian tidak adanya kekerasan, dan menurunkan ilmu kepada orang banyak.

“Film ini tidak memilah atau membatasi pekerjaan rumah, dapat dilakukan oleh laki – laki maupun perempuan” ujar Kapolresta.

“Saya sangat kagum, mereka sangat peduli terhadap kesetaraan dalam rumah tangga. Keluarga ini memang kecil,namun mereka sangat bahagia atas pandangannya yang modern” tutur Kapolresta Banda Aceh.

Meski demikian, sambungnya
mereka tak melupakan ajaran agama yang dianutnya. Menurutnya, film
ini sangat baik dan banyak hal positif yang bisa diambil. Mulai sebuah komitmen dalam keluarga hingga kesetaraan suami dan istri dalam kehidupan berumah tangga.

“Surga kecil ada di tengah-tengah kita, bagi yang akan menikah atau pun yang telah menikah film ini sangatlah baik sebagai acuan dalam berumah tangga hingga membentuk sebuah surga kecil,” tambahnya.

Komitmen dan saling menghormati, menurut Trisno Riyanto, dalam pasangan hidup merupakan kuncinya. Tidak hanya di Polresta dilaksanakan, namun antisusias nobar film ini juga digelar di masing-masing Polsek jajaran.

Dalam keluarga harus bekerjasama, saling pengertian, harus menghargai orang lain terutama perempuan, keseteraan gender sehingga akan mendapatkan kebahagiaan walaupun sang ustad Mohammad Nur Salim selalu menjaga dan mengerjakan pekerjaan rumah supaya kehidupan menjadi sakinah mawaddah dan warahmah, pungkas Kapolresta diakhir kegiatan.

 

 

Share.

Leave A Reply