INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Jelang Nataru 2020, Polresta Banda Aceh Gelar Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Ops Lilin Rencong 2019

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Dalam rangka menyambut Tahun Baru 2020 dan Perayaan Natal 2019 (Nataru) Polresta Banda Aceh bersama Stakeholder terkait, menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Lilin 2019 di Aula Machdum Sakti Polresta Banda Aceh, Sabtu (21/12/2019).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH didampingi oleh Wakapolresta Banda Aceh AKBP Satya Yudha Prakasa, SIK dan Danramil 15/Meuraxa Kapten Inf Nanang Juneidi dihadapan para Kabag, Kasat, Kapolsek, para SKPK, Pemuka Agama Kristen dan Unsur Relawan membuka acara Rakor lintas sektoral.

Kapolresta Banda Aceh, mengatakan ini merupakan agenda rutin tahunan yang perlu menjadi perhatian bersama agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif saat perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Ada dua agenda yang harus kita jaga bersama-sama yakni perayaan Natal 2019 dan perayaan Tahun Baru 2020. Situasi kamtibmas di wilayah Hukum Polresta Banda Aceh sampai saat ini masih aman terkendali,” ucap Kapolresta.

Dalam rangka pelaksaan hari natal, umat nasrani dapat berjalan dengan aman, dan tahun baru juga aman tanpa ada masalah, sepintas lalu daerah kita juga aman, tanpa ada kejadian, namun kita tetap berusaha bagaimana yang melaksanakan ibadah dan liburan aman dan tentram, begitu juga hati kita juga harus aman, kata Kapolresta.

Sebagaimana apa yang disampaikan oleh pimpinan polri, dalam hal ini Kapolri melalui Kapolda Aceh, pelaksanaan Operasi Lilin Rencong 2019 dimulai tanggal 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020, tutur Kapolresta.

Beberapa Sasaran operasi yaitu berbentuk orang, tempat, benda, kegiaatan, dan lainnya agar terlaksana dengan baik serta tanpa ada hambatan apapun. Namun dalam Operas lilin ini target operasi adalah disetiap kegiatan rumah ibadah yang ada di Banda berjalan dengan aman, lalu lintas juga aman, jemaat juga aman dan lokasi liburan juga benar – benar aman, pungkasnya lagi

Kapolresta mengatakan, terkait perlibatan personel, baik dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, RAPI, Orari serta unsur lainnya harus saling melakukan koordinasi bersama, agar setiap kendala dapat terselesaikan.

Didalam Operasi, kata Kapolresta, ada 4 Pos Pam di gereja – gereja, sementara itu Pos Pelayanan ditempatkan di Pelabuhan Penyeberangan Banda Aceh – Sabang dan Bandara SIM, untuk Pos Terpadu direncanakan bertempat di depan Sat Lantas Polresta Banda Aceh yang mengawaki unsur – unsur terkait.

Diakhir Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, Wakapolresta Banda Aceh, AKBP Satya Yudha Prakasa, SIk memgatakan, bahwa ada beberapa hal yang sangat penting dalam operasi lilin rencong 2019 ini.

“Himbauan dari unsur Forkopimda harus disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, karena berita Hoax tentang perpecahan agama terus berkembang, ini harus disampaikan kepada masyarakat melalui media sosial” kata Wakapolresta.

“Masalah petasan harus distop dari hulu, dan di hilir akan terhenti dengan sendirinya, hal ini dilihat dari para penjual atau pelaku ekonomi tingkat menengah, maka deteksi di daerah masing-masing oleh Intelijen dan Reskrim agar tidak bentrok dengan warga yang menjual baik di kios – kios maupun di pinggir jalan” tambahnya lagi.

Sementara itu, seluruh instansi terkait memberikan saran kepada pimpinan rapat koordinasi agar pelaksanaan Nataru 2020 tidak ada kendala sekecil apapun.

Share.

Leave A Reply