INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Pengurus Badan Baitul Mal Banda Aceh Audensi Dengan Kapolresta Banda Aceh

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Sejumlah pengurus Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh untuk masa jabatan 2020-2025 yang bertugas sebagai pemberantas kemiskinan dan mengawasi penyaluran zakat di Kota Banda Aceh melakukan audensi dengan Kapolresta Banda Aceh diruang kerjanya, Rabu (19/2/2020) siang.

Dalam audensi tersebut, hadir Asqalani, S.TH, MH yang mejabat sebagai Ketua merangkap anggota serta lima anggota lainnya yaitu Dra. Hj. Aisyah M. Ali, M.Pd, Abdul Munir, A.Md, Muzakkir Hanka dan Suria Darma, S.Pd.I.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengatakan saya menyambut baik kedatangan pengurus Badan Baitul Mal Banda Aceh untuk melakukan audensi dan ini saya rasa sangat baik untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat termasuk aparat keamanan.

“Jangan seolah – olah ada kesan dimana tempat bekerja, seperti Kepolisian ada aturan yang vertikal sehingga harus ada semacam MoU dari tingkat atas untuk ditindak lanjuti sesuai dengan profesi,” kata Trisno Riyanto.

Untuk Badan Baitul Mal Provinsi Aceh, lanjutnya, dapat mensosialisasi dan koordinasi dengan Polda seperti yang kita lakukan sekarang. Berbagai pemerintahan di negara ini, ada pusat dan daerah. Ini harus diyakinkan dengan memperbaiki Iman kita terlebih dahulu melalui dakwah atau sosialisasi.

“Dulu disini pernah berjalan seperti penyisihan sebagian harta, namun ini terhenti, saya rasa ada permasalahan yang tidak sesuai, sehingga dilakukan penghentian penyaluran zakat dari Polresta Banda Aceh melalui Baitul mal,” sambungnya.

Kemudian, ada sesuatu yang harus transfaransi dan menarik dengan berbagai pemahaman sesuai dengan pola pikir tersendiri. Lalu terkait dengan anggota Polri, saya tidak dapat memastikan dan saya hanya bisa mensosialisasikan agar dilakukan pembayaran zakat, baik melalui berbakai aplikasi atau secara langsung ke tempat yang telah ditentukan, ucapnya.

Untuk menyakinkannya, harus nyata program – program yang telah direncanakan dan sampaikan kepada warga masyarakat agar mereka yakin dan percaya, ini akan berjalan secara baik. Inshaa Allah akan sukses sesuai dengan keinginnan kita, harap Kapolresta.

Semoga Visi dan Misi Badan Baitul Mal dapat diharapkan berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan warga masyarakat, pungkas Kapolresta.

Sementara itu, Ketua Badan Baitul Mal Banda Aceh, Asqalani, S.TH, MH mengawali pertemuan memperkenalkan satu persatu anggota Baitul Mal.

“Keperluan zakat mal ini dapat dibayar dengan beberapa cara. Cara pendistribusian zakat dilakukan berdasarkan data yang didapatkan dari para kepala desa. Kota Banda Aceh sendiri warga yang dikategorikan dalam kemiskinan mencapai 8 ribu orang,” ujar Asqalani.

Rutin setiap bulan dibagikan sebanyak 600 ribu bagi orang tua yang sudah terdata dalam fakir. Sementara itu pembiayaan bagi muallaf sendiri sebesar 1 juta rupiah dan bagi Fisabilillah diantaranya Hafiz, serta berbagai program lainnya yang dapat menunjang kehidupan warga masyarakat, tambahnya.

Harapan kami bertekat kuat agar kemudian lembaga ini semakin terpecaya dan yakin untuk bekerjasama dan mohon dukungan Kapolresta Banda Aceh untuk membantu kami dalam bekerja agar dapat membantu warga yang miskin dengan pendistribusian pada orang yang tepat.

“Dan juga harapan kami bagi warga dimana saja dapat menyisihkan sebagian hasil kekayaannya untuk kita bagikan di Banda Aceh,” pinta Asqalani.

Share.

Leave A Reply