Kanit Bin Kamsa Sat Binmas Polresta Banda Aceh Berikan Materi Kepada Para Satpam

0

Tribratanewsretabandaaceh.com – Tugas Pokok Satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Hal ini disampaikan oleh Kanit Bin Kamsa Sat Binmas Ipda M. Zulfikar mewakili Kapolresta Banda Aceh dalam memberikan materi kepada pengguna Satpam dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, Kamis (27/2/2020) di Aula B Balai Kota, Banda Aceh.

“Pengamanan Fisik adalah segala usaha dan kegiatan  untuk mencegah atau mengatasi timbulnya ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan suatu instansi atau proyek atau badan usaha secara fisik melalui kegiatan pengaturan, penjagaan dan perondaan serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang bersangkutan,” ujar Zulfikar.

Sementara itu, Ipda M. Zulfikar menjelaskan fungsi satpam yang bertugas melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya.

“Satpam sangat berperan sebagai unsur pembantu pimpinan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintah, penggunaan satpam di bidang pembinaan keamanan dan ketertiban lingkungan/tempat kerjanya,” tambahnya.

Selain itu, satpam juga termasuk unsur pembantu Polri dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan peraturan perundang-undangan serta menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan keamanan (security mindedness dan security awareness) di lingkungan tempat kerjanya, tutur Zulfikar.

Kegiatan sosialisasi ini, turut dihadiri oleh Kasubbag Protokoler Bagian Umum Pemko Banda Aceh beserta koordinator satpam dan para satpam serta personel Unit Kamsa Polresta Banda Aceh.

Share.

Leave A Reply