BPS Banda Aceh Lakukan Sensus Penduduk 2020 Secara Online di Polresta Banda Aceh

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Sensus Penduduk secara Online tahap I tahun 2020 telah dimulai sejak tanggal 15 Februari 2020 silam. Tahap ini hingga sampai 31 Maret 2020 untuk dilakukan pendataan secara online oleh Badan Pusat Statistik Pusat maupun wilayah.

BPS Kota Banda Aceh hari ini mendatakan sensus penduduk bagi anggota Polri di Polresta Banda Aceh bertempat di Indoor, Rabu (11/3/2020).

Wakapolresta Banda Aceh, AKBP Satya Yudha Prakasa, SIK menyambut baik kedatangan tim sensus dari BPS Kota Banda Aceh ke Polresta Banda Aceh.

“Kami menyambut baik kedatangan Kepala BPS Kota Banda Aceh dan rombongan untuk mensosialisasikan bagaimana pentingnya sensus kependudukan terhadap institusi Polri,” Kata Wakapolresta.

Kemudian, kami meminta kepada seluruh personel yang hadir saat ini agar benar – benar mengisi form yang telah diberikan oleh para tim yang telah hadir, serta lakukan sosialisasi kembali kepada keluarga, sanak famili, serta warga binaannya masing – masing, lanjut Wakapolresta.

Sementara itu, Kepala BPS Banda Aceh Rusmadi SE mengatakan SP2020 adalah jembatan menuju satu data Kependudukan Indonesia, yaitu sebuah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Apresiasi kami kepada Kapolresta Banda Aceh telah bekerjasama dengan kami untuk membantu melakukan pendataan penduduk secara online, agar keakuratan pendataan semakin cepat dan lengkap,’ ujar Rusmadi.

BPS adalah cikal bakal dalam bertugas untuk mendatakan data statistik sesuai dengan Undang – undang nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik. Undang-Undang tentang Statistik menegaskan Statistik adalah data yang diperoleh dengan cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis serta sebagai sistem yang mengatur keterkaitan antar unsur dalam penyelenggaraan statistik.

Ada 3 data yang dibutuhkan dalam sensus penduduk, yaitu data dasar survey untuk nasional, data statistik sektoral yang diisi oleh instansi masing – masing dan data khusus yang di datakan oleh tim khusus, tambahnya.

BPS dalam hal ini bekerjasama dengan Disdukcapil dan di pusat bekerjasama dengan Depdagri untuk membangun data kepedudukan, lanjutnya.

Kemudian, dalam tahun 2020 , BPS melakukan sensus online bekerjasama dengan disdukcapil dengan cara mengambil data dari kartu keluarga dan buku nikah, tuturnya.

Tahun 2020 ini, lanjut Rusmadi, BPS juga akan melakukan sensus penduduk dalam  dua periode, seperti sensus penduduk online dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020, dimana masyarakat dapat mengakses atau update dari Disdukcapil yang kami ambil dari link dan setelah itu kita diberikan tanda bukti sebagai telah mendaftar, pungkas Rusmadi.

Rusmadi berharap, bapak ibu nantinya menjadi agen untuk mengajak seluruh warga masyarakat agar melakukan sensus secara online, dan hari ini kita lakukan di jajaran Polresta dan kepada seluruh tim dapat melakukan dengan tuntas sehingga ratting di BPS Banda Aceh akan naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *