INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Setiap Tanggal 17, Polresta Banda Aceh Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

0

Tribratanewesrestabandaaceh.com – Upacara Hari Kesadaran Nasional berupa upacara bendera yang rutin diperingati setiap tanggal 17 setiap bulan oleh seluruh unsur Pemerintahan di Negara Indonesia, karena memiliki makna yang sangat penting untuk kita semua.

Selain untuk memantapkan kualitas pengabdian, serta juga meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara, ini juga merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua.

Hal ini dikatakan oleh Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH selaku Inspektur Upacara pada hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan dihalaman Polresta Banda Aceh, Selasa, (17/3/2020) tadi pagi.

“Pada hari ini saya ingin mengingatkan, bahwa upacara yang diselenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka, karena upacara dalam rangka hari kesadaran nasional ini memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” Kata Kapolresta Banda Aceh.

Sementara itu, yang menjadi perhatian khusus berupa kasus pembakaran hutan dan lahan, karena hutan juga membantu menyerap gas rumah kaca yang menjadi pemanasan penyebab terjadinya global. Inilah yang menjadi perhatian khusus kita semua untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pembakaran hutan dan lahan merupakan tindakan kejahatan, karena dapat menimbulkan dampak terhadap kerusakan ligkungan hidup, antara lain flora dan fauna, sebut Trisno.

“Selain untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di perlukan pencegahan salah satunya deteksi sedini mungkin dengan mendata lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta juga meningkatkan kegiatan patroli terpadu di tempat- tempat rawan titik panas, segera lakukan pemadaman jika menemukan titik api sekecil apapun agar tidak membesar,” lanjutnya.

Seperti yang kita ketahui saat ini, penyebaran wabah virus Corona di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia saat ini sudah menjadi perhatian khusus masyarakat Indonesia wabah virus Corona menimbulkan dampak gejala sosial di masyarakat berupa kepanikan dan rasa takut berlebihan sehingga memicu kesenjangan sosial khususnya di Kota Banda Aceh.

Saya mengharapkan kepada para Kapolsek untuk menyampaikan pesan harkamtibmas melalui babhinkamtibmas kepada masyarakat, terkait permasalahan virus Corona agar tetap tenang dan jangan mudah termakan berita – berita hoax yang berkaitan dengan virus corona, yang mana saat ini Kominfo telah menemukan 60 berita hoax terkait virus Corona yang telah beredar di lintas media sosial dan aplikasi perpesanan.

Lakukan juga tindakan tegas kepada oknum – oknum / kelompok intelektual yang mencoba memainkan isu terkait pemberitaan virus corona untuk kepentingan tertentu. Sebelum mengakhiri amanat saya, saya mengharapkan kepada seluruh personil Polresta Banda Aceh agar selalu memantau situasi kamtibmas yang ada di lapangan dan selalu melakukan pendekatan kapada tokoh – tokoh adat, masyarakat, agama, pemuda dan tokoh politik serta dengan instansi terkait guna terjalin keakraban dalam pelaksanaan tugas baik dalam bidang pembinaan atau bidang operasional, pungkas Kapolresta.

Dalam kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara AKP Dewi Maulidar, S.Sos  dan turut dihadiri oleh Wakapolresta Banda Aceh AKBP Satya Yudha Prakasa, SIK, para Kabag, para Kasat, para Kapolsek,  para perwira staf, ASN dan Bintara.

Share.

Leave A Reply