INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Pria Lansia Ditemukan Bekas Cafe Kongkow Dalam Keadaan Meninggal Dunia, Polisi Dan Instansi Terkait Lakukan Evakuasi

0

Tribratanewsrestabandaaceh.com – Pria Lanjut Usia (Lansia) tanpa identitas ditemukan disebuah cafe yang dulunya dikenal dengan Kongkow, Desa Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, dalam keadaan meninggal dunia, Jumat (3/4/2020).

Penemuan lansia tidak bernyawa tanpa identitas tersebut menghebohkan warga sekitar taman wisata Ulee Lheue.

Warga masyarakat melaporkan kejadian tersebut kepada Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) Dinsos Aceh, Misra Yana SPsi MSi menjelang pelaksanaan shalat Jumat.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Ulee Lheue, SH mengatakan, sebelum meninggal, korban dalam pantauan dan pengawasan Dinas Sosial dan Dinkes Kota Banda Aceh.

Menurut informasi, pria tersebut dalam pengawasan Dinas Sosial dan Dinkes Kota Banda Aceh, Kata Ismail.

Ismail mengatakan, tim TKSK Aceh setelah menerima informasi dari warga, melakukan berkoordinasi dengan  pihak PMI dan Polsek Meuraxa. Setelah mereka tiba di lokasi memang ditemukan lansia yang diperkirakan berumur 80 tahun dengan postur kurus, lemah, nafas terengah-engah, dan tangan membengkak.

Menurut Koordinator TKSK Aceh Misra Yana, ketika mereka tiba di lokasi pria lansia tersebut masih sanggup berkomunikasi meski sangat kepayahan. Dia mengaku diletakkan oleh anak-anaknya ke lokasi itu sehari sebelumnya.

“Beliau sempat bilang dari Punge Ujong tetapi ketika ditelusuri oleh tim kami, tak ada yang mengenal. Akhirnya kami putuskan untuk mengevakuasi ke rumah sakit untuk perawatan,” ujar Misra Yana.

Koordinasi untuk mengevakuasi pria lansia itu berlanjut hingga usai shalat Jumat termasuk dengan Kabid Rehsos Dinsos Kota Banda Aceh, TM Syukri SSos MAP. Akhirnya sekitar pukul 15.00 WIB, pihak Dinsos Kota Banda Aceh mengerahkan mobil rescue untuk mengevakuasi lansia yang identitasnya belum teridentifikasi itu.

Namun, lanjut Misra Yana, ketika tim mereka bersama mobil rescue Dinsos Kota Banda Aceh tiba kembali ke lokasi, pria lansia tersebut sudah meninggal dunia.

“Akhirnya kami membawa jenazah Pak Tua itu ke RSUD Meuraxa,” kata Koordinator TKSK Dinsos Aceh.
Dugaan diletakkan oleh anaknya.

Koordinator TKSK Dinsos Aceh, Misra Yana mengatakan, selain pengakuan langsung dari pria lansia itu yang menyebutkan dia diletakkan oleh anak-anaknya, juga ada warga yang mengungkapkan sempat melihat dua pengendara sepeda motor yang diduga membawa pria lansia itu sehari sebelum ditemukan.

“Pengendara sepeda motor yang sama sempat terlihat untuk kedua kalinya seperti membawa makanan. Ada dua sepeda motor, yang satu seperti mengawasi kondisi sekitarnya,” kata Misra Yana mengutip pengakuan sumber-sumber masyarakat di lokasi pria lansia itu ditemukan.

Share.

Leave A Reply