Polsek Jajaran Polresta Banda Aceh Telah Menerapkan New Normal

0

tribratanewsrestabandaaceh.com – Kebijakan new normal di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) santer digaungkan dalam beberapa minggu terakhir oleh pemerintah.

Hal itu tidak lepas dari terguncangnya sektor perekonomian. Sementara pengembangan vaksin masih terus disempurnakan.

Dengan penerapan new normal, pemerintah berencana mulai melonggarkan kebijakan terkait mobilitas warga. Terutama di kabupaten/kota yang telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Seluruh Polsek jajaran Polresta Banda Aceh telah menerapkan new normal dilingkungan perkantorannya. Hal ini juga dalam mendukung program pemerintah yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu guna sebagai pencegahan penyebaran covid – 19.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengatakan kebijakan new normal sendiri telah tertuang dalam Keputusan Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

“Kendati demikian, Provinsi Aceh khususnya Kota Banda Aceh tidak termasuk dalam kabupaten/kota di Indonesia yang menerapkan PSBB, namun penerapan new normal dipastikan akan merata di seluruh wilayah di Indonesia,” sebut Kapolresta.

Trisno mengatakan sejatinya new normal itu, mengajak masyarakat menjaga pola hidup bersih, menjaga imun dan kekebalan tubuh ketika berdampingan dengan Covid-19.

“Bagaimana kita harus berdampingan dengan Covid-19? Tugas TNI/Polri semakin berat,” ungkap Trisno.

Ia menjelaskan, penerapan kebijakan new normal akan menempatkan TNI/Polri sebagai pengawas terdepan di pusat-pusat aktifitas perekonomian masyarakat.

TNI/Polri bersama Gugus Tugas Covid-19 Banda Aceh , lanjutnya, telah bersepakat untuk meningkatkan sistem pengawasan secara zonasi dengan personel melekat dan mengedukasi masayarakat terkait pencegahan penularan Covid-19 sesuai protokoler kesehatan.

“Kami sudah melakukan perencanaan terhadap titik-titik berkumpulnya masyarakat. Seperti mall, pasar, hingga kafe,” jelas Trisno.

Saat ini, lanjutnya, TNI/Polri di Banda Aceh masih berjibaku mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan, menjaga jarak, pakai masker jika bepergian, dan selalu membawa handsanitizer.

“Saya berharap para personel terus menunjukan semangat dan dedikasi kerja yang baik. Terutama ketika nanti kebijakan pemerintah terkait penerapam new normal, tatanan hidup baru diberlakukan,” pungkasnya.

Share.

Leave A Reply