INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Polresta Banda Aceh Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1442 H

0

Meski di tengah pademi Covid-19, Polresta Banda Aceh menggelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW (12/11/2020) sekitar pukul 09.00 Wib, dengan tema “Dengan Keteladanan Nabi Besar Muhammad SAW Kita Kuatkan Persaudaraan Dan Kepedulian Guna Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif” tepatnya di Mesjid Babuttaqwa Polresta Banda Aceh.

Dalam acara  kegiatan ini di hadiri, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Para Perwira dan Bintara dan ASN dengan penceramah di kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu Ustad Wahyu Mibar,S.Pd.I.

Dengan tema tersebut, Ustadz Ustad Wahyu Mibar,S.Pd.I. dalam ceramahnya mengatakan salah satu teladan Nabi Besar Muhammad SAW yang harus ditiru adalah toleransi dalam menjaga persaudaraan demi mewujudkan kamtibmas yang kondusif dan aman.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengatakan, meskipun kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan  Peringatan Maulid  Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H/2020 seperti biasanya setiap tahun kita adakan di Polresta Banda Aceh,dengan tujuan sebagai bentuk ibadah serta Polri sebagai pelindung, pengayom, pelayanan dan penegak hukum, sedianya harus mengikuti akhlak Nabi Muhammad SAW 

“Sejatinya kita menjadikan ajaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai acuan untuk lebih menggerakkan Polisi yang promotor, jadi segala amal yang di lakukan personil Polresta Banda Aceh dan jajaran nya yang di laksanakan, benar membawa perubahan yang nyata dalam kehidupan”kata Trisno.

“Peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang kita laksanakan pada hari ini, semestinya kita laksanakan beberapa waktu yang lalu bertepatan dengan kelahiran Rasulullah SAW pada 12 Rabiul Awal 1442 H, atau tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2020 M, tetapi karena kita dihadapkan dengan berbagai pekerjaan yang mana pekerjaan itu juga bahagian dari pada pengabdian kita kepada Allah SWT, bangsa dan  Negara,” tutur Trisno.

Dalam masa pandemi covid-19 ini dunia mengalami bencana, khususnya bangsa Indonesia yang mana berupa darurat kesehatan  bagi masyarakat kita, dengan momen ini, mari sama-sama kita meneladani pola hidup Nabi Muhammad SAW berupa hidup dalam keadaan seringnya bersuci dengan berwudhuk setiap saat, menjaga pola hidup dan berdoa agar terhindar dari penyakit, tambahnya.

Adapun tema pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini yaitu Dengan keteladanan Nabi Muhammad SAW, kita kuatkan persaudaraan dan kepedulian guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

“Sebagaimana tema yang kita peringati pada saat ini sebagaimana Allah SWT berfirman dalam al-quran yang artinya “Dan kami tidak mengutusmu kecuali sebagai rahmat bagi Alam semesta ” (surat. Ai_anbiya : ayat 107)” tutur Kapolresta lagi.

Dengan peringatan maulid nabi yang biasanya diselenggarakan, hendaknya tidak sekedar merupakan kegiatan seremonial yang bersifat lahiriah saja, tetapi lebih dari itu hendaknya agar benar-benar merupakan kesempatan yang baik untuk merenungkan kembali dan dengan meresapi secara mendalam, arti dari makna lahirnya seorang Nabi dan Rasul terakhir yang membawa petunjuk dari Allah yang maha agung yang memberikan suri tauladan bagi seluruh umat manusia untuk dijadikan pedoman atau contoh dalam kehidupan sehari – hari, sebut Kapolresta.

Saya selaku Kapolresta Banda Aceh, dengan tulus dan ikhlas menyampaikan ucapan terima kasih kepada ustad Wahyu Mimbar yang telah berkenan meluangkan waktu memberikan tausyiah Maulid Nabi Muhammad SAW kepada kita. Semoga tausyiah ini menjadikan motivasi kita untuk bekerja lebih baik lagi sebagai kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW dan Keimanan kita kepada Allah, SWT.

Trisno mengharapkan, kepada seluruh personel agar menyimak, mengamalkan dan menghayati tausyiah yang sebentarlagi akan disampaikan oleh ustad Wahyu Mimbar, semoga bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari sehingga menjadi amal kebaikan kita kelak. Dalam kegiatan tersebut, Kapolresta Banda Aceh menyerahkan bantuan kepada para Yatim Piatu yang ada di wilkum Polresta Banda Aceh.

Share.

Leave A Reply