INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Personel Jajaran Polresta Banda Aceh Ikuti Sosialisasi Aplikasi Siperanda

0

Bagren sebagai salah satu satker di Polresta Banda Aceh sebagai unsur pembantu Kapolresta dalam merencanakan Program Anggaran dan Pengendalian Anggaran serta Perencanaan Pembangunan internal, tepat dan akurat dan menentukan rencana kebutuhan anggaran, keinginan serta sebagai upaya untuk memenuhi keinginan dan meningkatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan.


Salah satu yang dapat digunakan untuk menangkap Pemikiran Personel pada Bagren Polresta Banda Aceh adalah dengan melakukan perancangan aksi perubahan berupa aplikasi SIPERANDA.


Untuk itulah salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) ) Polri TA 2020 dari Polresta Banda Aceh Kompol Muhayat Effendie,S.H.,M.H membuat Inovasi yang merupakan Aksi Perubahan dari Action Leader berupa Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran Tahunan Polresta Banda Aceh berbasis online.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Machdum Sakti Polresta Banda Aceh selama dua hari yakni 16 November 2020 yang diikuti oleh Pejabat Utama Polresta Banda Aceh serta Kapolsek jararan dan tanggal 17 November 2020 diikuti oleh para Urmin Bag, Sat, Sie serta para Kasium Polsek jajaran Polresta Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kabagren Kompol Muhayat Effendie, SH MH mengatakan aplikasi Siperanda ini merupakan sebuah terobosan inovasi dari Bagian Perencanaan Polresta Banda Aceh.

“Untuk kemajuan Polresta Banda Aceh, kami mengeluarkan sebuah inovasi dalam bentuk aplikasi bernama Siperanda. Dimana setiap anggaran dapat dilakukan pengecekan dalam aplikasi ini” ujar Kabagren.

Ini merupakan aplikasi yang menjadikan transparansi bagi masyarakat yang juga dapat melakukan pengecekan anggaran yang dimiliki oleh Polri khususnya Polresta Banda Aceh, tambah Muhayat.

Selain itu, aplikasi ini harus dilaksanakan oleh sub satker jajaran dan Polsek jajaran Polresta Banda Aceh yang nantinya dalam mengirimkan laporan melalui aplikasi yang telah dibuat ini, tuturnya.

“Ini harus dibuat karena nantinya apabila saya pindah, maka saya akan menyerahkan aplikasi ini kepada pengemban tugas selanjutnya karena sesuatu yang baik harus saya tinggalkan di Polresta Banda Aceh ini” sambungnya.

Siperanda ini tdak begitu sulit, ketika kita buka melalui google crome, mozilla, opera atau lainnya dengan mencari melalui website yang telah ditentukan dan langsung dilanjutkan denganlogin, pungkasnya.

Sementara itu, Dosen Pengajar dari LP3I Banda Aceh Lutfi mengatakan dalam aplikasi ini terdapat dua username yang salah salah satu nya digunakan oleh Bagren dan Polsek jajaran.

“Dalam simulasi ini, saya akan mencontohkan Satker Bagops dimana dalam dastboard ini terdapat fitur – fitur untuk perencanaan kebutuhan anggarannya secara update seperti yang telah dilakukan oleh Bagops, tutur nya.

“Semua bag sat sie nantinya harus mengetahui fitur fitur yang telah ditentukan, jangan salah pergunakan dimana nanti akan rumit bagi diri sendiri, maka silahkan koordinasi dengan Bagren maupun kami” tambahnya.

Selanjutnya, Renbutgar yang telah di input sesuai dengan kebutuhan anggarannya, maka akan diolah masing – masing dan apabila sudah disetujui kebutuhan, maka dapat diajukan kepada Satker Bagren, pungkasnya.

Share.

Leave A Reply