INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Personel Polresta Banda Aceh Pelajari Ilmu Fiqih

0

Fiqih adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.

Ustad Wahyu Mimbar, S.Pd.I dalam tausyiahnya di Masjid Babuttaqwa Polresta Banda Aceh, Kamis (3/12/2020) mengatakan adab dalam hukum islam tertuang dalam fiqih.

“Kita dalam islam memiliki adab dalam setiap kegiatan, contoh seperti adab dalam makan. Dimana sebelum makan, saat makan dan sesudah makan semuanya itu memiliki adab ,” katanya dalam tausyiah.

Ustad Wahyu mengatakan sebelum kita makan, tentunya diawali dengan mambaca doa, kemudian saat makan kurangi percakapan atau berbicara serta setelah makan diharuskan membaca berdoa.

“Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)” begitu kata Ustad.

Padahal jika dipahami lebih dalam, adab makan dan minum dalam Islam sendiri sangatlah detail dan memiliki nilai baik dari segi kesehatan dan lain sebagainya. Bahkan dengan menjalankan adab makan dan minum dalam Islam bisa menjaga sebuah tali silaturahmi terhadap sesama muslim, mengingat adab makan dan minum dalam Islam ini sangat menjujung rasa menghargai sebuah hidangan, tuturnya.

Sebenarnya adab dalam makan itu ada beberapa hal, diantaranya makan makanan yang halal, mencuci tangan, berdoa sebelum makan, pergunakan tangan kanan, jangan sampai makanan itu mubazir, jangan mencela makanan, sesegera mungkin makan makanan yang telah dihidangkan dan yang terakhir berdoalah setelah makan, pungkas Ustad Wahyu Mimbar.

Share.

Leave A Reply