INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Pastikan Natal Aman, Kapolda Aceh bersama Pejabat Utama Kunjungi Pos Pengamanan Gereja

0

Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil bersama para pejabat utama Polda Aceh beserta Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melakukan kunjungan ke sejumlah gereja dan pos pelayanan di Banda Aceh.

Kedatangan para pejabat di kepolisian tersebut sekaligus memastikan kelancaran dan mengecek pengamanan dalam pelaksanaan ibadah Misa Natal bagi umat kristiani, Kamis (24/12/2020).

Rombongan Kapolda Aceh terdiri dari Karo Ops, Dir Samapta, Dir Lantas, Dansat Brimob, Kabid Propam serta Kapolresta Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH didampingi Kabag Ops Kompol Juli Effendi, SE, M.Si mengatakan, kunjungan ini untuk memastikan persiapan perayaan Misa Natal berjalan lancar.

“Pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada umat kristiani dalam melaksanakan ibadah natal serta tahun baru. Selain itu, pengamanan juga diberikan kepada warga di Pelabuhan Ulee – Lheue dan Bandara SIM Aceh Besar dan sejauh ini, kondisi keamanan jelang perayaan Natal berjalan kondusif dan tanpa gangguan keamanan apapun.
Untuk memastikan kenyamanan umat kristiani menjalankan ibadahnya, maka perlu diberikan pengamanan,” ujar Kapolresta.

Polresta Banda Aceh mengerahkan 121 personel diseluruh gereja dan pos pelayanan dan ditambah dengan TNI sebanyak 1 SST, Satpol PP dan WH, Dinkes, ASDP, serta instansi lainnnya. Kesemua ditempatkan di gereja-geraja dan dua pos pelayanan untuk melakukan pelayanan dan pengamanan, tambahnya.

 “Insya Allah untuk sementara ini kondusif sebagaimana tahun-tahun sebelumnya juga kondusif,” kata Kombes Pol Trisno Riyanto, SH saat diwawancarai oleh para wartawan.

Menurutnya, tingkat toleransi antar umat beragama di Aceh hingga sekarang sangat baik. Prestasi ini, tentunya harus terus dipertahankan, sehingga bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan beribadah.

Karena kegiatan Operasi Lilin Seulawah 2020 ini dilaksanakan dalam situasi Pandemi, kita perlu memperhatikan protokol kesehatan, dan ini merupakan fokus paling utama terkait prokes agar dalam pelaksanaan ibadah nyaman, sebut Trisno lagi.

Pelaksanaan pengamanan ini berlangsung selama 15 hari sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 nantinya. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Aceh bersama para pejabat utama turut menyerahkan paket bantuan bagi personel yang melaksanakan pengamanan disemua gereja dan pos pelayanan di Banda Aceh.

Share.

Leave A Reply