Polresta Banda Aceh Gelar Penandatanganan Fakta Integritas Dan Pengambilan Sumpah Seleksi Penerimaan Bintara Polri T. A. 2020

0

Penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia, pengawas, peserta dan orang tua/wali pada seleksi penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 digelar di ruang Video Conference Polresta Banda Aceh Rabu (19/8/20).

Kegiatan itu dipimpin Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH, Kabag Sumda Kompol Asa Putra A, Pengawas Internal, Pengawas Eksternal, orang tua/wali calon peserta, calon peserta.

Kegiatan tersebut diawali protokol kesehatan, laporan Kabag Sumda Polresta Aceh, pembacaan dan penandatangan pakta integritas oleh perwakilan panitia, perwakilan peserta dan orang tua.

Kemudian pengambilan sumpah panitia dan pengawas oleh Kapolresta Banda Aceh serta dilanjutkan pengambilan sumpah peserta dan orang tua oleh Kapolresta Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh menyampaikan arahan diantaranya mengatakan, pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir di tempat berbahagia ini.

“Selaku ketua penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2020 menyambut dengan antusias untuk menindaklanjuti pelaksanaan penandatanganan Pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia internal dan eksternal perwakilan orang tua wali serta calon peserta seleksi penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2020 ini, karena saya yakin akan manfaat dilakukannya acara ini bertujuan agar seluruh panitia baik internal maupun eksternal berkomitmen dan sanggup melaksanakan kegiatan pemeriksaan administrasi dalam seleksi penerimaan Polri tahun anggaran 2020 secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH)” Ucap Trisno Riyanto.

Dalam pelaksanaan seleksi penerimaan, siap untuk tidak melakukan penyimpangan maupun melakukan korupsi kolusi dan nepotisme dan apabila melanggar ketentuan tersebut diatas dalam pelaksanaan seleksi penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2020, panitia siap bertanggung jawab sesuai dengan sumpah jabatannya serta siap diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, tegasnya.

“Begitu juga sebaliknya dengan para calon Bintara Polri tahun anggaran 2020 serta orang tua wali ini yang bersangkutan apabila ditemukan melanggar ketentuan yang telah ditentukan diatas akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” tambahnya.

Untuk kita ketahui bersama, kegiatan penerimaan anggota Polri telah direncanakan pelaksanaannya pada bulan maret 2020, namun karena pandemi Covid-19 yang melanda maka berdampak pada mundurnya jadwal seleksi, sehingga proses rekrutmen baru dapat terlaksana pada bulan Agustus, sebut Kapolresta.

Proses rekrutmen untuk menjaring calon-calon yang unggul akan dilaksanakan dengan prinsip “BETAH”, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, Kata nya lagi.

Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat serta para pengawas baik internal maupun eksternal untuk turut serta mengawal proses rekrutmen yang objektif dan transparan, sehingga didapatkan calon Polisi yang berkualitas, sambung Kapolresta Banda Aceh

Trisno mengatakan, pada hari ini kita melaksanakan penandatangan pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia, pengawas, orang tua/wali dan peserta seleksi, sebagai suatu komitmen yang mengikat dalam melaksanakan setiap tahapan seleksi.

Kapolresta Banda Aceh mengatakan, sebenarnya pelaksanaan acara penandatanganan Pakta integritas dan pengambilan sumpah panitia internal dan eksternal perwakilan orang tua wali serta calon peserta seleksi penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2020 jauh-jauh hari sebelum ini harus sudah terlaksana, namun karena musibah covid 19 yang tengah melanda dunia pada umumnya serta Indonesia pada khususnya pelaksanaan menjadi tertunda dan alhamdulillah baru bisa kita laksanakan pada hari ini.

“Kita berharap ke depan, agar bencana serta musibah ini segera dicabut oleh Allah SWT semesta alam, agar pelaksanaan penerimaan anggota Polri ke depan dapat berjalan kembali normal dan lebih baik lagi dengan mewujudkan proses tahapan penerimaan anggota Polri yang BETAH serta menghilangkan terjadinya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme ataupun penyimpangan lain yang dapat menurunkan Citra Polri dan terwujudnya kerjasama dalam hal pengawasan pada seluruh tahapan penerimaan calon anggota Polri di wilayah hukum Polresta Banda Aceh dengan memperhatikan kode etik profesi dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku” harapnya.

Semoga acara penandatanganan Pakta integritas dan pengambilan sumpah dalam rangka penerimaan Bintara Polri tahun anggaran 2020 ini, mewakili suatu bentuk keinginan segenap masyarakat di daerah Aceh dan Kota Banda Aceh pada khususnya yang pada akhirnya menghasilkan calon anggota Polri yang baik berintegritas berakhlak mulia serta mampu bersaing di era globalisasi yang kesemuanya sesuai dan searah dengan tujuan visi dan misi pemerintah Kota Banda Aceh sebagai Kota Gemilang Dalam Bingkai Syariah, sebutnya.

Dalam arahannya menyampaikan beberapa penekanan terkait pelaksanaan seleksi kali ini, diantaranya jangan tertipu dan jangan percaya kepada siapapun, baik personel Polri atau siapa saja yang mengaku bisa meloloskan peserta seleksi dengan menggunakan uang.

“Persiapkan diri sebaik mungkin, tekun belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh serta selalu berdo’a,” harapnya.

Kegiatan ini juga digelar secara live streaming melalui media sosial yang ada di Polresta Banda Aceh, karena dalam masa Pandemi Covid 19 ini, para calon peserta dapat melihat di akun media sosial yang telah kami sampaikan sebelum kegiatan ini, pungkasnya.

Share.

Leave A Reply