Konsulat Polisi Diraja Malaysia Audiensi Dengan Kapolresta Banda Aceh

0

Konsulat Polisi Diraja Malaysia Liasion Officer Ismail bin Muhamad Ali melakukan audiensi dengan Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH  bertempat di ruang kerja Kapolresta Banda Aceh, Selasa (28/7/2020).

Dalam audiensi tersebut Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengatakan umumnya situasi wilayah hukum Polresta Banda Aceh dalam keadaan aman dan baik.

“Tidak ada kejadian yang signifikan diwilayah hukum Polresta Banda Aceh, namun sampai saat ini dalam keadaan kondusif,” sebut Trisno didampingi Kasat Intelkam Kompol Hyrowo, SIK.

Pendidikan Polisi di Indonesia ini pada dasarnya berbeda – beda, dimana dulunya ada pendidikan mencapai 11 bulan, ada yang 7 bulan bahkan ada yang mencapai 4 tahun, seperti Akademi Polisi,kata Trisno lagi.  

Trisno Riyanto mengatakan, PDRM pada tahun 2009 silam, pernah melakukan kunjungan kerja ke Polda Aceh dalam bidang penegakan hukum, namun beberapa tahun terakhir, PDRM tidak pernah lagi ke Aceh.

Sementara itu, Konsulat Polisi Diraja Malaysia Ismail bin Muhamad Ali mengatakan saya baru pertama ini melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh.

“Sejak tahun 2004, saya sudah ditugaskan ke Mabes Polri untuk melakukan koordinasi tentang penegakan hukum, namun karena musibah Tsunami, saya belum mendapatkan tempat penugasan di Indonesia,” kata Ismail.

Saya doakan Pak Kapolresta nantinya akan menjabat sebagai orang yang amanah di Mabes Polri, lanjutnya.

Untuk menjadi anggota PDRM, harus memiliki Basic dapat mengaji sesuai dengan kriteria. Kami harus belajar undang – undang  mulai pangkat yang rendah, pertengahan, dan tinggi, sambungnya.

“Ketingkatan tetinggi dalam penggajian itu dari keahlian enngering dan dokter. Kemudian ketingkatan tersebut yang membawahinya,” tuturnya. Kami memiliki sertifikasi masing – masing sesuai dengan kemampuan. Masa pendidikan kepolisian di Malaysia itu pernah diterapkan selama 9 bulan, 7 bulan, 6 bulan, dan saat ini diterapkan kembali selama 9 bulan, pungkas Ismail.

Pada akhir kegiatan audiensi, Konsulat Polisi Diraja Malaysia Liasion Officer Ismail bin Muhamad Ali menyerahkan Plakat Polisi Diraja Malaysia kepada Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH.

Share.

Leave A Reply