INGAT COVID, AYO PAKAI MASKER

Kapolresta Banda Aceh Gelar Rapat Terbatas Bersama Muspika Baitussalam

0

Kapolresta Banda Aceh bersama unsur Muspika Baitussalam melakukan pertemuan terbatas di Polsek Baitussalam, Jumat sore, (17/7/2020).

Rapat yang membahas mengenai jenazah pasien positif Corona di Kajhu, Aceh Besar, MI (65), diambil paksa untuk dimakamkan secara normal oleh pihak keluarga dan perangkat gampong.

Rapat tersebut dihadiri oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH, Kasat Intelkam Kompol Hyrowo,SIK, Camat Baitussalam  Almubarak Akbar, S.STP,MM, Kepala Puskesmas Dr. Astuti Marisa, Ms, Kapolsek Baitussalam Ipda Safrizal, S.Sos dan Babinsa Sertu Sarifuddin membahas tindak lanjut kejadian yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kapolresta mengatakan, mengenai kejadian pengambilan paksa jenazah pasien covid 19 yang meninggal di RSUZA, Rabu (15/7/2020) Camat harus memastikan siapa saja yang harus diperiksa kesehatan.

“Warga yang melakukan pemandian jenazah,pemakaman, tahlilan dirumah duka, harus diperiksa kesehatannya berupa swab. Ini tugas Camat untuk mendatakan siapa saja yang terlibat dan harus melakukan koordinasi dengan Kepala Puskesmas,” ujar Kapolresta.

Lanjut Kapolresta, bagi warga yang merasa pernah terkontaminasi, minimal harus melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari, tidak boleh kemana – mana, karena akan beresiko besar nantinya terhadap warga sekitarnya.

“Untuk sementara, pelaksanaan tahlilan agar dilakukan di Meunasah guna menghindari hal yang tidak diinginkan, bukan kita memutuskan silaturrahmi dengan pihak duka, namun hanya mengantisipasi saja,  dan untuk warga yang sudah melaksanakan tahlilan dirumah duka terlebih dahulu, agar melakukan isolasi dirumah untuk saat ini,” tegas Kapolresta.

Sepanjang tugas kita baik, Insha Allah kita tidak akan terjangkit virus tersebut, dan kita memohon agar yang terjangkit segera sembuh, pungkas Kapolresta.

Sementara itu Camat Baitussalam Almubarak Akbar, S.STP,MM mengatakan,  yang meninggal beberapa waktu lalu merupakan keluarga Keuchik dan di kebumikam di perkarangan rumah keuchik.

“Jadi kita mengharap kepada Pak keuchik untuk melakukan himbauan kepada warganya agar melakukan isolasi mandiri saat ini untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid – 19,” katanya. Dr. Astuti Marisa, Ms selaku Kepala Puskesmas Baitussalam mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar untuk menindaklanjuti hasil pertemuan yang dilakukan hari ini.

Share.

Leave A Reply