Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH
hadiri Peresmian Pasar Al Mahirah Gemilang di Banda Aceh, Selasa (7/7/2020).

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mewakili Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Wahyu Widada M. Pil beserta unsur Forkopimda Plus menghadiri peresmian Pasar Al Mahirah Gemilang di Lamdingin, Banda Aceh, Selasa, (7/7/2020).

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dalam sambutannya mengatakan hari ini tepat berusia tiga tahun selama memimpin Kota Banda Aceh, telah begitu banyak pencapaian positif, penghargaan, dan prestasi yang ditorehkan baik di level provinsi, nasional, maupun internasional.

Pemerintah Kota Banda Aceh, dua di antara prestasi gemilang yang menjadi fokus perhatian publik adalah membawa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banda Aceh menjadi terbaik dua nasional dan meraih serta mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan daerah selama 12 tahun berturut-turut.

IPM atau Human Development Index (HDI) sendiri merupakan pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Banda Aceh pada 2019 tercatat 85,07. Dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, Banda Aceh hanya berada satu strip di bawah Yogyakarta yang berada di peringkat pertama (86,65).

Sementara posisi tiga ditempati oleh Jakarta Selatan (84,75). IPM yang dibukukan Banda Aceh pun jauh di atas provinsi, yakni 71,90 dan nasional 71,92.

Menanjaknya IPM Banda Aceh tak terlepas dari terus menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran. Angka kemiskinan pada 2017 tercatat sebesar 7,44 persen, 2018 7,25 persen, dan 2019 terus menurun hingga 7,22 persen. Sementara pengangguran pada 2019 hanya tersisa 6,92 persen, turun jauh dari 12 persen yang dibukukan pada 2015 silam.

Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Amin-Zainal pun kembali meraih predikat opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Opini WTP tersebut merupakan yang ke-12 kali diraih Pemko Banda Aceh. Dan yang lebih membanggakan, penghargaan ini mampu diraih dan dipertahankan secara berturut-turut sedari 2009. Penghargaan ini membuktikan Amin-Zainal mampu memastikan penyelenggaraan pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Share.

Leave A Reply