Kanit Binmas Polsek Jajaran Polresta Banda Aceh Hadiri Sosialisasi Penyelesaian Problem Solving

0

Tidak hanya menjaga keamanan, anggota kepolisian diharapkan dapat berperan aktif dalam membimbing, membina serta menjadi mediator dalam penyelesaian masalah hukum warga di wilayah binaannya.

Sosialisasi pemecahan masalah atau Problem Solving berlangsung di Aula Machdum Sakti, Polresta Banda Aceh pada Selasa (28/7/2020). Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH, dan Wakapolresta AKBP Satya Yudha Prakasa, SIK melakukan sosialisasi pemecahan masalah sebuah kasus. Kegiatan ini juga hadir Kasatbinmas Kompol Faizal, Kanit Binpolmas Ipda M. Lilik Kusnadi, Kanit Binkamsa Ipda M. Zulfikar, Kanit Bintibmas Ipda Maharani, SH, MH dan juga para Kanit Binmas Polsek jajaran.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Tanya jawab dari Universitas Indonesia Jakarta dengan pemateri Sayed Afdhal Harist.  

“Kita tidak hanya memberikan pesan atau imbauan kamtibmas, tetapi juga menjadi fasilisator dan mediator terhadap permasalahan warga,” ungkap Kapolresta .

Kombes Trisno Riyanto mengatakan problem solving adalah salah satu cara  dalam membantu menyelesaikan atau memecahkan permasalahan yang dialami oleh warga masyarakat, namun melalui koridor di luar hukum formal melainkan melalui musyawarah kekeluargaan sepanjang akibat yang ditimbulkan tidak begitu berat.

“Pentingnya hidup rukun dan damai serta mamatuhi norma-norma adat, toleransi, kemitraan” tambahnya.

Trisno menambahkan sebagai contoh dengan adanya kegiatan problem solving, permasalahan tersebut bisa dimediasi dan diselesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak. Kegiatan mediasi tersebut harus adanya penanda tanganan surat kesepakatan bersama antara kedua belah pihak agar dikemudian hari tidak ada problem lagi.

Share.

Leave A Reply