Kecamatan Jaya Baru Launching Kampung Tangguh Nusantara

0

Gampong Geuceu Meunara, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh ditunjuk sebagai Pilot Project kampong tangguh oleh Musika yang bertujuan agar gampong tersebut menjadi tangguh, kuat dan dapat menyelesaikan permasalahan sekaligus mendorong masyarakat lebih taat dan tertib sehingga masyarakat mempunyai kesadaran yang tinggi untuk menjalani anjuran protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia pada saat ini.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kapolsek Jaya Baru AKP Dewi Maulidar, S.Sos, M.Si mengatakan di launchingnya gampong Geuceu Meunara sebagai Kampung Tangguh dengan harapan gampong tersebut tangguh dalam menghadapi Pandemi covid 19.

“Kami dari Muspika Jaya Baru mengharapkan masyarakat lebih taat dan tertib sehingga mempunyai kesadaran yang tinggi untuk mejalani anjuran protokol kesehatan menghadapi pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia pada saat ini” kata Kapolsek.

Dewi mengharapkan agar seluruh gampong yang ada di wilayah Kecamatan Jaya Baru dapat mengikuti sampel di gampong Geuce Meunara tentang kesiapan dan kesiapsiagaan Kampung Tangguh.

Selain itu kata Kapolsek, Kampung Tangguh Nusantara ini diharapkan dapat membantu pencegahan penyebaran virus corona, dan dengan peresmian ini warga benar – benar dapat mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru agar upaya pemutusan mata rantai virus corona dapat tercapai.

Dihadapan unsur Muspika dan seluruh Keuchik di Kecamatan Jaya Baru, mantan Kanit Dikmas Sat Lantas Polresta Banda Aceh ini mengatakan pemutusan mata rantai penyebaran virus corona sangatlah penting.

“Setiap saat kita mendengarkan ada pasien yang harus dirawat di rumah sakit akibat terpaparnya virus corona, hal ini karena tidak mematuhi dan menjalani protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Ini adalah upaya kita dalam mensosialisasikan kepada warga untuk mematuhi anjuran yang telah disampaikan oleh pemerintah,” papar Dewi.

Kapolsek Jaya Baru ini mengatakan kampung tangguh memiliki makna yang salah satunya menguatkan ketahanan pangan masyarakat yang saat ini sedang di landa Pandemi Covid-19.

“Kesuksesan untuk mendirikan kampung tangguh tidak lepas dari dukungan berbagai jajaran termasuk masyarakatnya dimana untuk ketahanan makanan,” ungkap Kapolsek.

Di gampong Geuceu Meunara lanjut Kapolsek, dengan berdayakan lahan yang sudah ada dan ini menjadi ketahanan pangan masyarakat yang melibatkan kelompok tani. Mereka di bina oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat gampong.

“Semoga dengan adanya  launcing kampung tangguh ini, masyarakat dapat melakukan penanaman kembali dan menjadikan kebutuhan pangan dan diharapkan sebagai percontohan  kampung yang ada di Kecamatan Jaya Baru,” harapnya.

Share.

Leave A Reply