Satbinmas Gelar Pelatihan Teknis Fungsi Bagi Personel Polsek Jajaran Polresta Banda Aceh

0

Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polresta Banda Aceh menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Fungsi Teknis Binmas yang diikuti oleh seluruh Kepala Unit (Kanit) Binmas Polsek Jajaran Polresta Banda Aceh beserta personel Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Video Conference Polresta Banda Aceh, Jumat (21/8/2020).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kasat Binmas Kompol Faizal mengatakan, Sat Binmas adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf polres yang berada dibawah Kapolres. Sat Binmas dipimpin oleh kepala Satuan Pembinaan Masyarakat disingkat Kasat Binmas yang bertanggungjawab kepada Kapolres.

“Jadi setiap pekerjaan yang kita lakukan, semua harus dilapor ke pimpinan , karena Sat Binmas Polresta Banda Aceh merupakan unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf Polresta  yang berada dibawah Kapolresta,” kata Kompol Faizal.

Selain itu, Kompol Faizal juga menegaskan kepada para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran, untuk saat ini harus diperbanyak sosialisasi pencegahan penyebaran covid – 19, ini dapat dilakukan melalui akun media sosial dan spanduk – spanduk.

Kemudian, setiap pelaksanaan tugas harus mengacu kepada perintah Kapolresta Banda Aceh dan Dirbinmas Polda Aceh. Selesai semua jangan lupa pembuatan laporan hasil tugas.

“Untuk meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri, agar Bhabinkamtibmas menggandeng Babinsa agar setiap pelaksanaan tugas dilingkungan terlihat sinergitas,” tegas Kasat Binmas.

Sementara itu, Kanit Bin Polmas Ipda M. Lilik Kusnadi mengatakan maksud dari polisi Masyarakat atau lebih dikenal Polmas bermaksud untuk memberikan gambaran dalam pelaksanaan tugas unit Polmas di Lapangan sedangkan tujuannya untuk menyamakan pengertian, pemahaman, sikap dan tindakan dalam penyelenggaraan tugas unit Bin Polmas.

Petugas Polmas, lanjut Ipda Lilik, selalu melakukan penyuluhan hukum, dimana kegiatan penyebarluaskan informasi hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang – undangan yang berlaku guna mengembangkan kesadaran hukum masyarakat.


Selain Polmas, di Satbinmas terbagi atas tiga unit, dimana Unit Bin Kamsa, Unit Bin Polmas dan Unit Bin Tibmas.

Ipda Maharani, SH, MH selaku Kanit Bin Tibmas mengatakan tugas pokok unit Bintibmas adalah menyusun, mengembangkan sistem dan metode, melaksanakan pembinaan terhadap pemuda, wanita dan anak – anak, mewujudkan kerukunan hidup sosial dan melaksanakan kegiatan lingkungan sekolah daslam rangka meningkatkan pengetahuan terhadap pelajar.

Kemudian, beberapa faktor terjadinya kenakalan remaja dilingkungan warga diantanya faktor internal seperti krisis identitas, control diri yang lemah. Sementara itu faktor eksternal sendiri mengacu paka keluarga yang kurang harmonis, salah memilih teman serta lingkungan sosial yang kurang baik.

Share.

Leave A Reply