Menuju New Normal, Wakil Walikota dan Kapolresta Banda Aceh Launching Lampaseh Kota Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

0

Wakil Walikota Banda Aceh, Drs. H. Zainal Abidin dan Kapolresta Banda Aceh melakukan launching gampong Lampaseh Kota sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Banda Aceh di kantor Keuchik gampong Lampaseh Aceh, Kamis (9/7/2020).

Dalam beberapa waktu dekat ini, seluruh kecamatan di Banda Aceh akan memiliki kampung tangguh sesuai dengan instruksi Presiden Indonesia beberapa waktu lalu.

Keuchik Lampaseh Aceh, M. Masri Gade dalam sambutannya di depan pejabat Banda Aceh mengatakan, terima kasih kepada bapak-bapak yang telah hadir di tempat yang sederhana ini untuk launching Lampaseh Kota sebagai Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Banda Aceh.

“Kami Insha Allah selaku warga gampong Lampaseh Kota, telah siap melaksanakan Kampung Tangguh Nusantara untuk Kota Banda Aceh, apalagi kedepan nantinya ada kampung tangguh lainnya disetiap kecamatan dalam kota Banda Aceh,” kata Masri Gade.

Beberapa ketangguhan dalam kampung kami ini diantaranya, tangguh dalam ekonomi, tangguh sosial, tangguh dalam menghadapi bencana, tangguh dalam ketahanan pangan serta tangguh dalam keamanan, tambah Masri Gade.

Kami juga telah menyiapkan lokasi tangguh penanganan dalam menghadapi jika ada pasien covid – 19 di gampong Lampaseh Kota, dimana kami selaku perangkat desa telah melakukan koordinasi dengan perangkat lainnya untuk menyiapkan rumah isolasi jika ada pasien covid – 19 kedepannya, tuturnya.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH mengatakan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu telah melakukan instruksi terhadap ketangguhan kampung yang ada di Indonesia dalam menghadapi pandemi covid – 19.

“Ketahanan pangan dan kampung tangguh wujud program extraordinary dalam mencegah corona seperti disampaikan Bapak Presiden beberapa waktu lalu, kami berterima kasih kepada seluruh warga Lampaseh Kota yang telah menyiapkan lokasi untuk dilakukan launching sebagai kampung tangguh,” kata Trisno.

Sebenarnya Kapolri dan Panglima TNI akan melakukan wawancara dengan perangkat gampong Lampaseh Kota yang telah ditetapkan sebagai kampung tangguh nusantara penanganan covid – 19, namun karena sesuatu hal, dialihkan ke Kabupaten Bener Meriah, sebut Kapolresta.

Kapolresta mengatakan, intinya bahwa masyarakat Banda Aceh dapat tangguh dalam segala bidang, seperti tangguh bidang keamanan, ketertiban dan bidang sosial, ekonomi, dan kesehatan serta tangguh dalam bidang pangan.

Sebagainya bidang keamanan dan ketertiban, nanti para Bhabinkamtibmas Babinsa yang akan selalu memberikan sosialisasi dalam melakukan pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat termasuk dalam rangka mencegah wabah corona, tambah Trisno.

“Kenapa Kampung Lampaseh Kota ini dijadikan atau direkomendasi sebagai KTN, untuk itu karena saya lihat di sini pertama kali adanya pasien Covid-19, maka dilakukan lockdown sebagai salah satu cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid – 19 dengan menganjurkan penggunakan masker dan menjaga kesehatan, sebut Kapolresta.

Ketangguhan gampong Lampaseh Kota ini, pertama ada covid-19 yang langsung ditangani dan yang kedua daerahnya cukup padat arus lalu lintasnya dan ini termasuk daerah perkotaan serta mungkin banyak aktivitas sehingga kita tunjuk sebagai Kampung Tangguh dan juga sebagai pilot project dengan harapan akan menjadi contoh baik bagi kampung-kampung lainnya bagaimana cara mengatasi permasalahan yang ada di kampung dan harapan kita kampung di Banda Aceh ini akan tangguh semuanya, pungkas Kapolresta Banda Aceh.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan tidak mengurangi makna dari Tangguh yang disebutkan Kapolresta Banda Aceh ini sebentar lagi Kampung Tangguh di Banda Aceh akan dilakukan launching oleh wakil walikota.

“Kita mengisi ketangguhan kampung di Banda Aceh, hendaknya menjadi perhatian bagi kita semua, kami apresiasikan kepada Kapolresta dan Dandim 0101/BS yang selama ini terus bahu-membahu membina masyarakat kota Banda Aceh dan sampai turun ke pelosok gampong bersama unsur forkopimda lainnya yang telah mengajak kita menjadi masyarakat yang tangguh,” kata Wakil Walikota.

Zainal Arifin mengatakan, memang embrionya ini adalah tangguh bencana dalam menghadapi covid – 19, dan ini nantinya benar-benar menjadi kampung yang tangguh, aman terhadap gangguan ekonomi, tangguh sosial dan tangguh dalam berbagai hal lainnya, maka oleh karenanya mari kita memanfaatkan momen yang terbaik ini di kampung Lampaseh Kota ini.

“Mudah-mudahan, dngan ketanggunah ini kita berharap dapat melahirkan inovasi-inovasi di kampung dalam berbagai hal, termasuk dalam rangka memajukan kampung yang sama-sama kita cintai ini, dan saya juga berharap melalui kesempatan ini bahwa dengan dilaunchingnya Kampung tangguh ini, kami berharap Minimal kita mampu melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Warga Kota Banda Aceh saat ini sudah mulai patuh akan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan, olahraga rutin dan lainnya dalam mencegah terjangkitnya covid – 19 di lingkungan masing – masing, pungkas Wakil Walikota.

Setelah melakukan launching Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Banda Aceh, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pengecekan lokasi rumah isolasi pasien covid, tempat ibadah, tempat bermusyawarah, lokasi ketahananan pangan, pos ronda sebagai tangguh keamanan dan pos kesehatan sebagai posko pertama pencegahan covid – 19.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Banda Aceh, H. Zainal Arifin, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, Dandim 0101/BS yang diwakili oleh Danramil 15/MRX, Kapolsek Kutaraja, Danpos Ramil Kutaraja, Camat Kutaraja, serta perangkat gampong Lampaseh Kota.

Share.

Leave A Reply